Bisnis Online Tips Jualan Di Marketplace Untuk Pemula

Published on Januari 12th, 2018 | by Online Preneur

0

Tips Jualan Di Marketplace Untuk Pemula

 

Siapapun bisa jualan laris lewat marketplace, Sekarang tidak sedikit marketplace yang bersaing & Bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan

Walaupun sekian banyak media yang bisa anda tempati untuk berjualan, seperti Facebook, Instagram, atau buat toko online sendiri, Marketplace adalah hanya salah satunya saja kalau bisa untuk menambah penghasilan yang lebih kenapa tidak. Betul ngak? Mubassir kalau tidak dimanfaatkan, Faktanya tidak sedikit penjual disalah satu marketplace yang beromset Puluhan juta hingga ratusan.

Perinsip saya pribadi semakin banyak channel atau kolam penjualan maka potensi untuk klosing semakin besar, Jadi manfaatkan semuanya. Marketplace itu transaksinya 24 Jam Apalagi kita tau semua marketplace adalah pasar yang sudah jelas penjual & pembeli berkerumungan disana, Ibarat Mall tiap hari ramai transaksi berjalan terus. Tapi bedanya adalah Marketplace ini transaksinya berjalan secara otomatis 24 jam.

Lalu apa tip berjualan dimarketplace bagi pemula?

Yess diartikel kali ini saya akan share kepada teman teman :

1. Mengetahui Pangsa Pasar

Alangkah lebih baiknya sebelum membuka toko di manapun sangat penting untuk mengenal siapa sih target market kita. Misal :
– Siapa sih orang yang bakalan membeli produk saya?
-Apa permasalahan mereka?
– Apa saja kebutuhan mereka?
– Cari tau umur
– Kota tempat tinngalnya

Dengan Begitu kita lebih tau market secara detail baru setelah itu kita susun Plan berikutnya.

2. Tentukan Nama Toko Anda

Pastinya jika anda membuat akun disalah satu marketplace mesti menentukan nama toko anda, Nah saya pribadi menyarankan anda untuk membuatnya Nama Brand bisnis anda sendiri… Yaah sekalian perkenalkan brand juga. Nah jika waktu waktu pelanggan anda butuh produk kembali bisa jadi mencari nama brand anda melalui sosial medianya.

 

3. Buat kategori produk anda

Di Marketplace pembeli sudah jelas mencari produk yang diainginkan dari jenis kategori. Maka dari itu susunlah produk kategorinya yang sesuai nama produk & spesifik. Misalnya : Jangan pernah menempatkan kategori produk Hijab di kategori Sepatu pria tentu tidak nyambung & pastinya produk anda bakalan susah ditemukan pembeli.

 

4. Pasang slide Brand Toko anda

Nah pada bagian didepan toko ada tempat pasang slide/banner yang bisa kita pasang & tentunya dengan desain yang cukup menarik. Maka dari itu desainlah semenarik mungkin serta pasang logo Brand anda.

 

5. Gunakan kata kunci

Salah satu trik pemain Marketplace adalah menanam kata kunci ditokonya atau Per produknya. Misal gunakan nama profil dengan kata kunci produk, Judul toko, Pengumuman toko, Deskripsi disetiap produknya Tujuannya apa? Agar ketika pembeli mengetik dimesin pencari sesuai jenis produk anda maka toko andalah yang muncul dihalaman depan. Kebayang kan ?

 

6. Optimasi judul produk dan deskripsinya

Buatlah Judul produk yang menonjol dan menarik dan berhubungan satu sama lain. Misalnya Sepatu Wanita sehingga pada bagian cari di marketplace maka produk yang dijual akan muncul.

 

7. Rapikan deskripsi pada setiap produk

Jangan lupa pada setiap produk tambahkan keterangan yang mengambarkan produk tersebut biar pembeli lebih yakin. Misal: Manfaat produk, Cara pakai, dan penjelasan lainnya.

 

8. Berikan pelayanan prima

Kadang banyak penjual sudah jelas jelas keterangan produknya masih saja bertanya, Nah tugas andalah harus sabar & rajin menjawabnya. Terutama menjawab setiap Review pembeli atau memberikan Diskon spesial buat yang sudah mereview toko anda.

 

9. Gunakan foto produk yang menarik

Saya yakin anda tau salah satu senjata ampuh dalam berjualan online adalah gambar yang menarik. Buatlah photo produk yang menonjol, Lebih bagus lagi apabila Real photo

 

10. Aktif di Social Media

Selain mengunakan Marketplace anda juga wajib aktif diberbagai sosial media seperti Facebook & Instagram. Sedikit tips dari saya, Apabila ada pembeli anda yang kurang percaya transaksi langsung bisa arahkan belanja lewat marketplace karena disana lebih aman.

 

Nah bagaimana sampai disini sudah ada bayangan ? Sekarang keputusan ada ditangan ada mau manfaatkan marketplace atau tidak… HEHE

 

Suka dengan Dunia Bisnis Online? Silahkan join di Channel Telgram kami untuk mendapatkan tips & motivasi lainnya Di Sini : CHANNEL  TELEGRAM

Tags:


About the Author



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to Top ↑